Bunga



Berjalan pada pukul enam pagi. Sepi. Langkah-langkah kita pelan seperti detak waktu di per-tiap detik. Seperti butiran embun yang menunggu jatuh ke tanah sebelum bias di renggut cahaya mentari.

Ini tentang sesuatu yang semena-mena merajai pikiran dari masing-masing pejalan hidup, tak perlu mendefinisikannya dengan artikulasi secara universal, cukup dirasa dari masing-masing kita. Ingat, darimana kita berasal dan dimana kita akan selamanya kekal.

Kita masih mencari setitik cerah dalam gelap, meraba-raba, memicingkan mata agar tak terjerembab, mencari rindu yang membuncah pada hati gelisah yang kita sebut resah. 

Seperti di perjalanan pagi itu, aku terlupa membawa sesuatu yang sangat perlu, kepingan mimpi semalam tentang buku-buku ku yang terpajang di rak-rak toko buku besar masih melintas jelas. "Semoga mimpi itu jadi kenyataan.." Katamu. Sesuatu yang terlupa ku bawa itu adalah kepingan dari episode-episode yang lewat, dan doamu itu harus rajin-rajin kau rawat. "Biar aku ingat, biar malaikat mencatat, dan TUHAN akan memberikannya dengan cepat." Kataku. Disaksikan desau angin yang menyapu wajah, kabut yang menutup hamparan Tepian, kicauan burung yang bernyanyi riang. "Amiiin..." Kita menjawab serempak.

Waktu mengajarkan setiap manusia dengan caranya sendiri. Tentang mimpi, tentang harapan, tentang apapun kejadian yang sedang berlaku. 


Pagi itu, kita sama-sama belajar untuk dapat memetik semua hikmah, perlu tahap dan masa-masa yang fantastis. Bermacam euforia mungkin terjadi kala itu, banyak energi terkuras saat itu, banyak emosi tergali perihal itu. Perihal tentang sebab-akibat : Sampai aku temukan rangkaian kata yang pas saat bersandar pada setiap senja, memandang langit malam, atau duduk di atas gubuk kayu menghadap ke semak belukar hijau di belakang rumah pada siang yang panas tanpa hujan.


"Nanti pada akhirnya kita akan melihat Bunga-bunga yang bermekaran cantik.."


Memahami perkataan itu, satu hal terlintas dalam benak : Abadikan Bunga-bunga itu.

kijang juni 2011


Foto by : Muhamad Nasrun


Tertarik dengan Iklan di bawah ini? Silahkan klik Gambar untuk info lebih lanjut.
Fresh Flowers - Purple Dendrobium OrchidsTwo's Company Bee Happy Dancing Solar Flower, Set of 2Brussel's DT8045FF Fringe Flower Bonsai

Comments