Subjektiva


Senja yang lamat-lamat hilang di telan laut, lalu luput dari sudut cakrawala, sisakan garis langit berhias awan-awan buram, arus samudera seperti menarik surya dengan tali-tali airnya yang menggaram, melebur bersama buih berwarna suram, karam, lalu kelam.
kemana ia?

"ia menepi, kembali keperaduannya memanggil bintang yang tertidur, dan kumpulan bintang yang tertutup oleh sinar mentari, terbangun membentuk rasi-rasinya membentang langit malam"

"ia sembunyi, diantara awan abu-abu sebelum tertelan mulut laut dan memanggil rembulan, juga burung-burung malam yang tersentak oleh angin yang menampar gelap"

"ia melenyap, bersama cerita-cerita yang tersirat dan tersurat, merampungkan endapan-endapan yang terangkum untuk menjadi embun, berkamuflase pada setiap pandangan insan yang menangkap gelap, berganti dengan cahaya lampu petromax"

"ia meresap, larut bersama senyawa kimiawi dunia, meleburkan malam menjadi keping-keping pengertian hati, terseret senyum ranum untuk kembali berkumpul pada wajah ceria esok hari. Ialah pagi"

"ia bergulir, mengelilingi tepian terjal untuk dapat kembali lagi, berdamai pada anak-anak peluru yang memburu rindu dalam kelam malam, sepadan ia, mematuti segala nominasi yang pasti ia dapati, doa insani, tulisan dalam buku-buku puisi, tertulis pada malam-malam melankolis, abadi dalam sebuah abstraksi"

"ia akan kembali, pada pagi, pada embun di daun, pada senyum-senyum yang ranum, pada mata yang membuka awal cerita, kepada siapa saja yang memupuk harapan pada linear kelam untuk di jadikan pedoman menggapai bahagia. Ia, sang mentari"

Kembali ia, mengembalikan emosi sebelumnya, seperti bintang yang baru terlahir, menyihir tiap getir, menjalankan setiap takdir hingga sampai waktunya nanti menggelincir.

Gambar di atas saya ambil dari sebuah album foto seorang teman. Disini. (sebuah senja di tambelan, bintan, kepulauan riau)


kijang maret 2011



Comments

phe said…
mangstraap..
Unknown said…
aku mengamati...
Denny Hermawan said…
@phe, @bom, @okky ~> sadiiiiip... gokil :D
Clara Croft said…
Senja yang indah :)

Ternyata blognya puitis ya? Salam kenal, thanks udah maen ke blog saya
Denny Hermawan said…
@Clara ~ iya sama-sama ya :), thanks... salam kenal.