Kecepatan Loading page pada blog.


Ketertarikan seseorang dalam memilih template pada umumnya berawal dari header, image full color dengan ukuran jumbo terkesan megah, apalagi ada sentuhan 3D atau efek animasi. Ditambah dengan gemerlap background bertaburan membuat semakin terbuai oleh kecantikannya. 

Tidak masalah kalau blog anda merupakan blog pribadi, sekalian tambahkan widget google map, video youtube dan widget trailer film. Maka diijamin penampilan blog anda top abis, namun pernahkah engkau membayangkan akan penderitaan para sahabat yang berkunjung ke blog dengan mengendarai sepeda onthel, kereta tua bersupir sule super lemot bin super slow alias koneksi internet yang sungguh terlalu lambat. 
Ingatlah bahwa cantik itu menarik; sidebar yang banyak, menu-menu yang lengkap serta widget-widget yang menarik memang akan terlihat indah.
loading page yang over dosis pada template  adalah salah satu alasan Satpol Blogger menendang blogger ke luar angkasa alias tergusur tanpa dana kerohiman.

Untuk mengukur kecepatan loading page blog, yang dapat menganalisa secara detail mengenai masing-masing bobot javascript, image, CSS beserta estimasi  load timenya, saya merekomendasikan anda menggunakan  fasilitas SEO-Tools  » website speed tester. Untuk penggunaan image sebagai background perlu dipertimbangkan mengenai jenis file yang digunakan, ketajaman warna dan bobot file. Menggunakan model gradasi perulangan mungkin lebih menghemat.

tapi saat ini blogger telah menyediakan rancangan-rancanga baru pada setiap settingannya. template tak kalah menarik, dan untuk urusan template marilah kita kembalikan kepa siempmunya blog tersebut. ini hanya tergantung selera. bagaimanapun, template mempengaruhi pengunjung dan loading page apalagi, anda tak ingin kan bila pengunjung blog anda pergi begitu saja karena loadingnya terlalu lama :).

selamat ngeblog...




Comments